Tak Berkategori

TENTANG SAYA

Syarif Hidayatullah lahir di Bogor. Menulis esai, prosa, puisi maupun opini diberbagai media, baik lokal maupun nasional. Alumni Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura ini pada saat masih duduk di bangku sekolah menengah atas mendapat penghargaan sebagai penulis terbaik tingkat internasional dalam lomba cerpen remaja yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Forum Lingkar Pena (FLP) dalam Bulan Bahasa di tahun 2005. Sebelumnya, ia juga pernah meraih penghargaan juara II dalam Lomba Penulisan Cerita Pendek Tingkat SMA sederajat se Jawa Timur yang diadakan di Pamekasan tahun 2004, Juara III dalam Lomba Cipta Puisi Kandungan Al-Qur’an dalam acara Pospeda (Pekan Olahraga Dan Seni Pesantren Daerah) tingkat MA sederajat se Jawa Timur di Malang tahun 2005, Juara II Lomba Cipta Puisi tingkat SMA sederajat se Jawa Timur di Pamekasan 2005, Finalis Lomba Cipta Cerpen Tingkat Nasional tentang Hak Asasi Manusia yang dilaksanakan oleh Kedutaan Swiss dan Forum Lingkar Pena (FLP), Desember 2005.

Selepas lulus di tahun 2007, ia sempat mengabdi di lembaga pendidikan di pelosok Madura, Sampang dan mengembangkan sastra di sana. Kemudian di tahun 2008, ia melanjutkan studinya di Universitas Muhammadiyah PROF. DR. HAMKA (UHAMKA) Jakarta mengambil FKIP. Bahasa dan Sastra Indonesia.

Selama menjalani studinya ia kembali mendapatkan penghargaan dari berbagai lomba yang ia ikuti. Antara lain, Finalis Lomba Menulis Cerita Pendek UPT. Pelayanan dan Pengembangan Bahasa Universitas Sebelas Maret Solo 2008, Juara I Lomba Menulis Cerpen tingkat nasional yang diselenggarakan oleh komunitas Indonesia-Tionghua (INTI) Jakarta 2008 dan Harapan I Lomba Menulis Puisi berbahasa Indonesia yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat dalam Lomba Puisi bahasa Daerah (Sunda, Cirebon, Melayu-Betawi/Indonesia, 2008.

Selama kurun waktu tersebut, beberapa karyanya disertakan dalam berbagai antologi baik cerpen maupun puisi, a.l. Dian Sastro For President End Of Trilogy, On Off, Jogjakarta (2005), O.De (Sanggar Sastra Al-Amien, 2005), Mengasah Alif (Sanggar Sastra Al-Amien, 2005), Perempuan Joget Hutan (Sanggar Sastra Al-Amien, 2006), Kumpulan Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen 2008 (INTI DKI Jakarta, 2008), Antologi Puisi Berbahasa Daerah (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat, 2008).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s