Catatan, Ruang Bahasa

APA BAHASA ITU? Sepuluh Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Menurut Keraf dalam Smarapradhipa (2005:1), memberikan dua pengertian bahasa. Pengertian pertama menyatakan bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Kedua, bahasa adalah sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer.
Lain halnya menurut Owen dalam Stiawan (2006:1), menjelaskan definisi bahasa yaitu language can be defined as a socially shared combinations of those symbols and rule governed combinations of those symbols (bahasa dapat didefenisikan sebagai kode yang diterima secara sosial atau sistem konvensional untuk menyampaikan konsep melalui kegunaan simbol-simbol yang dikehendaki dan kombinasi simbol-simbol yang diatur oleh ketentuan).
Pendapat di atas mirip dengan apa yang diungkapkan oleh Tarigan (1989:4), beliau memberikan dua definisi bahasa. Pertama, bahasa adalah suatu sistem yang sistematis, barang kali juga untuk sistem generatif. Kedua, bahasa adalah seperangkat lambang-lambang mana suka atau simbol-simbol arbitrer.
Menurut Santoso (1990:1), bahasa adalah rangkaian bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia secara sadar.
Definisi lain, Bahasa adalah suatu bentuk dan bukan suatu keadaan (lenguage may be form and not matter) atau sesuatu sistem lambang bunyi yang arbitrer, atau juga suatu sistem dari sekian banyak sistem-sistem, suatu sistem dari suatu tatanan atau suatu tatanan dalam sistem-sistem. Pengertian tersebut dikemukakan oleh Mackey (1986:12).
Menurut Wibowo (2001:3), bahasa adalah sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi (dihasilkan oleh alat ucap) yang bersifat arbitrer dan konvensional, yang dipakai sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok manusia untuk melahirkan perasaan dan pikiran.
Hampir senada dengan pendapat Wibowo, Walija (1996:4), mengungkapkan definisi bahasa ialah komunikasi yang paling lengkap dan efektif untuk menyampaikan ide, pesan, maksud, perasaan dan pendapat kepada orang lain.
Pendapat lainnya tentang definisi bahasa diungkapkan oleh Syamsuddin (1986:2), beliau memberi dua pengertian bahasa. Pertama, bahasa adalah alat yang dipakai untuk membentuk pikiran dan perasaan, keinginan dan perbuatan-perbuatan, alat yang dipakai untuk mempengaruhi dan dipengaruhi. Kedua, bahasa adalah tanda yang jelas dari kepribadian yang baik maupun yang buruk, tanda yang jelas dari keluarga dan bangsa, tanda yang jelas dari budi kemanusiaan.
Sementara Pengabean (1981:5), berpendapat bahwa bahasa adalah suatu sistem yang mengutarakan dan melaporkan apa yang terjadi pada sistem saraf.
Pendapat terakhir dari makalah singkat tentang bahasa ini diutarakan oleh Soejono (1983:01), bahasa adalah suatu sarana perhubungan rohani yang amat penting dalam hidup bersama.

Daftar Pustaka

Ambary, Abdullah. Intisari Tata Bahasa Indonesia. Bandung: Djatnika. 1986.
Guntur, Henry. Pengajaran Kompetensi Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa. 1989.
Mackey, W.F. Analisis Bahasa. Surabaya: Usaha Nasional. 1986.
Santoso, Kusno Budi. Problematika Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa. 1990.
Smaradhipa, Galih. Bertutur dengan Tulisan diposting dari situs http://www.rayakultura.com. 12/05/2005 .
Soejono, Ag. Metode Khusus Bahasa Indonesia. Bandung: C.V. Ilmu1983.
Stiawan, Yasin. Perkembangan Bahasa diposting dari situs http://www.siaksoft.com. 16/01/2006. Tarigan,
Syamsuddin, A.R. Sanggar Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka Jakarta. 1986.
Pangabean, Maruli. Bahasa Pengaruh dan Peranannya. Jakarta: Gramedia. 1981.
Walija. 1996. Bahasa Indonesia dalam Perbincangan. Jakarta: IKIP Muhammadiyah Jakarta Press.
Wibowo, Wahyu. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia. 2001.

Iklan

240 thoughts on “APA BAHASA ITU? Sepuluh Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli”

    1. tau teori bahasa dari the divine source dkk. gga??
      klo tau tolong krimin…
      kolo boleh saya tanya lagi
      apa menurut anda tentang bahasa ya???

    1. hakikat bahasa bisa dibaca di linguistik umum karangan Bapak abdul Chaer. di antaranya dijelaskan bahasa itu bersifat arbitrer (mana suka), bahasa itu merupakan simbol, bahasa itu memiliki sistem dan lainnya. coba dilihat!

      1. emhhh,,,,
        biza bantuin Aku ghaa….
        gi puzing eng nyari pengertian bahasa menurut para ahli yang lain,,,,
        KaYa Ahli HukUm,,,
        SeNi,,,
        dll,,,
        baNtuIN AkU YEKHHA…
        TrIMS SeBLUMNYa!!!!!!!!!!!!!!

    1. fungsi bahasa dalam buku Chaer disebutkan adalah sebagai alat komunikasi antar individu. coba cari buku Abdul Chaer dengan judul Linguistik Umum…

    1. kalau yang di tanya itu. mungkin bisa memperhatikan definisi di atas.
      isyarat bukan bahasa karena bukan merupakan sistem lambang bunyi. tulisan dan lisan itu sarana saja.

  1. makasih banget,…
    aQ jadi bisa bikin tugas Bahasa”pengertian bahasa menurut para ahli”,…

    akhirnya aQ bisa dapat niLai dari dosen aQ d STIE PETRA Bitung,…..!!!!!!!!!!!

    1. demikianlah blog ini sengaja dibuat biar memudahkan untuk tahu apa itu bahasa. bagi para semester satu bahasa indonesia. harus mengerti tentang bahasa sebelum belajar bahasa….

    2. demikianlah blog ini sengaja dibuat biar memudahkan untuk tahu apa itu bahasa. bagi para semester satu bahasa indonesia. harus mengerti tentang bahasa sebelum belajar bahasa….

      1. sori ganggu bang. saya baru aja kuliah semester pertama. saya mw tanya donk. sebelum saya tau bahasa itu apa menurut para ahli. saya ingin tau donk para ahli itu siapa dan kenapa beliau bs mendefinisikan bahasa?
        thank’s…

  2. Thank’s yach !
    Karena sangat membantu aku selesaikan tugas, terutama aku bisa
    memahami serta membuat defenisi sendiri tentang pengertian bahasa.

  3. tq bgt bang utk terminologi bhs, kebetulan lg nyusun skripsi, tp q lg nyari teori definisi bahasa tp klo bs kaitannya dgn bahasa sbg kesepakatan anggota tertentu sehingga anggota diluar tdk bs memahami makna rangkaian bunyi yg diujarkn. tlg ya gan klo ada, q diemailkan!!
    dah nonton death poet society? yg main robbin williams, kisah ttg pecinta puisi! keren tuh filmnya….

  4. makasih banyak mas syarif….. jadi dapet tambahan referenci tanpa beli buku nih! hehee.. sukses selalu mas syarif… semoga di balas sama yang di atas kebaikannya…

  5. asw..terimakasih ya…definisi bahasanya membantu sekali dalam penulisan skripsi saya.mencari bukunya soalnya susah…disini ada sumbernya juga jadi mudah.

    1. saya belum mendapat referensi mengenai hal yang demikian. kalau anda berkenan, anda dapat mempublikasikan dalam media ini jika telah menemukan jawaban dari pertanyaan Anda… terima kasih telah berkunjung…

  6. sejauh ,mana anda mengenal bahasa ?apakah anda tau bahasa saat didalam kandungan atau mana lebih dulu yang tercipta bahasa atau manusia.
    tolong dapatkah anda jelaskan lebih dalam tentang apa itu bahasa?
    mencari perbedaan dalam penekan bahasa , apa bahasa itu?
    dan dari mana anda mendapatkan bahasa.

  7. trmksh byk y k,,,,,,,,, infonya sgt membantu,,,,,,,,, sya mu tnya tntang pegrtian latas bahasa itu apa ?,,,,,,, sblum n ssudah3 mksih,,,,,,,,,,

    1. salah satu hakikat bahasa adalah bahasa itu konvensional. sebagai contoh, adalah bahwa setiap individu harus mematuhi peraturan sesuai dengan kepada siapa ia berbicara, kapan, di mana dan apakah dalam kondisi formal atau tidak. misalnya, ketika pelajaran di sekolah berlangsung maka penggunaan bahasa yang baik adalah bahasa baku.

  8. sayang, tdk ada daftar pustakanya. kl ada yg tertarik dan pingin lihat bukunya langsung kan jd lebih mudah mencarinya. kl ada, tp blm ditampilkan, tlng di update ya!

  9. mau numpang nanya nich,,,,,pa sih definisi bahasa dewa???
    bisa tolong berikan contohnya????
    bagaimana berbahsa dengan baik???karna sering kita mis understand dgn lawan bicara kita…..

  10. pengertian bahasa indonesia menurut para ahli???

    apa yachhhh???

    susahh banget nihhh,,,,,,,

    huffftttt,,,,,,

    ini pntinggg…
    tgas cmpuss…..

    tolonggg yahhh….:(

  11. Alhmdulillah . . . ^_^
    Thank’s. . . . . bgtzz, sekarang saya jdi tahu apa itu Bahasa & pngertian menurut para ahlinya ,,

    tulisan anda membantu sya menyelesaikan tugas kulyah’

  12. Menurut saya Bahasa itu berupa bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia yang mempunyai makna, namun disisi lain tidak semua bunyi merupakan Bahasa, dan fungsi Bahasa yakni sebagai alat komunikasi diantara manusia, Salammmm

  13. thx,,,,

    tp tlg criin dunk..tentang “pemahaman konsep bahasa” n perencanaan pembelajaran bhasa indonesia”

    tlg dbntu mas…tlg bgt,buth bgt informasi ny,,,tq^_^

  14. agan yang punya blog… terima kasih atas sharing ilmunya blog anda membantu, untuk penyelesaian bab satu tugas skripsi saya…

    suatu saat saya akan, memberikan link anda dan menguploadnya disini, mudah-mudahan bersemangat

    kembangkan terus blog anda

  15. mat mlm ini menurut saya benar atau sala kita berbaigi sama2 bahasa indonesia adalah alat komini kasih antara satu pihak ke pihak lain misalnya rambut kiriting dan rambut lurus paku ketemu tidak mungkin berbahasa daerah karena berbeda suku/ negara. Contoh kecil di Indonesia dan Amerika .

  16. Alhamdulillah disini sudah saya temukan beberapa pengertian bahasa menurut pendapat para Ahli….Pak Syarif bisa gak saya ambil dari pendapat para ahli ini untuk cantukan dalam tulisan saya. tetapi tulisan saya nanti akan tercantum nama Anda. seperti contoh halnya ada pengertian bahasa menurut beberapa pendapat para ahli.

    munurut Syarif Hidayatullah pengertian bahasa yang dikutip dari pendapat beberapa para Ahli sebagai berikut,,,,bla bla bla,,,bgtu …..

  17. ka, kalo menurut para ahli tentang evaluasi pembelajaran bahasa indonesia itu apa ya?? minta tolong donk ka cox aku punya tugas nyariin tentang itu..pliiisssssss

  18. assalamu’alaikum, saat in sy lg mw melakukan penelitian tentang peningkatan berbahasa untuk anak usia dini, tapi khususnya peningkatan dlm bahasa daerah khusunya bhs jawa, agar bahas jawa trsebut tdh punah/ tdk terlupakan. nah gna sich caranya mngajarkan bahas buat anak ?
    mungkin ada tahapan2 yg digunakan ?

  19. terimakasi banyak yaa..kebetulan tugas saya sangat..sangat..sangat banyak tentang bahasa.dngan adanya blog ini saya dengan mudah mngerjakan tugas saya.

  20. MAKASI YA, ATAS BANTUAN DAN PARTISIPASINYA . ,KARENA SAYA SANGAT MEMBUTUHKAN BAHAN TENTANG POKOK BAHASAN INI,, DAN ALHAMDULILAH SAYA MENEMUKANNYA DI LAMAN DAN WEBB BAPAK…

    1. ya alat untuk berkomunikasi. tapi bedanya dengan alat lain. jika gunting, pulpen dan lain-lain itu ada di luar. sedangkan bahasa alat yang ada dalam diri kita

  21. pertanyaan saya….apakah isyrat yg di gunakan oleh orang bisu itu bukan bahasa ,dan apakah binatang ataukah makhluk lain tdk berbahasa…trims

    1. tetap itu komunikasi, tapi bukan suatu bahasa, itu disebut isyarat saja. jika secara fitur, tentu saja binatang tak berbahsa, karena sifat bahasa pada dasarnya produktif, hewan tidak

    1. arbitrer terletak pada kata bukan kalimat. misalnya kata pintu, tidak ada hubungan langsung antara kata dengan benda yang dirujuk. itu hanya semata kesepakatan belaka (konvensi bahasa)

  22. Ping-balik: SKRIPSI | nurlailas
  23. Mksih, krna udha mnulis link ini karena saya dapat mengerjakan tugas saya. Tapi yang menbuat gunah gulana di hatiku adalah pada saat saya menemukan kata arbitrer. Jadi saya mohon penjelasan anda tentang kata arbitrer, Karena saya tidak mengeri kata arbitrer

    1. fitrah bahasa pada dasarnya manusia memiliki kemampuan bahasa, sehingga siapapun yang baru lahir, dapat berbahasa. sehingga secara alamiah (nurture) anak mampu berbahasa. sebetulnya selama ia berada dilingkungan bahasa (nature)

  24. Saya adalah salah seorang pengamat bahasa. Menurut pengalaman saya, yang kemudian saya confirm kepada ilmu bahasa, yang disebut bahasa itu memiliki dua pengertian. Pengertian yang pertama bahasa adalah sistem lisan, dan yang kedua bahasa adalah sistem tulisan. Berdasarkan pengertian yang pertama, bahasa itu merupakan sistem pe-‘lisan’-an bunyi-bunyi bermakna yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Sedangkan berdasarkan pengertian yang kedua, bahasa itu merupakan sistem ‘penyimbolan’ bunyi-bunyi bermakna yang dihasilkan oleh alat ucap manusia itu. Dari pengertian yang pertama terciptalah berbagai macam bahasa seperti yang kita kenal sekarang ini, seperti bahasa Indonesia, bahasa Cina, bahasa Inggris, dsb, bahkan tercipta pula bahasa artificial, seperti bahasa Klingon misalnya. Sedangkan dari pengertian kedua lahirlah hieroglif dari Mesir kuno, huruf Yunani, huruf Arab, aksara Jawa, huruf HIragana dan Katakana, alfabet modern, dsb.
    Salut untuk blog ini!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s