Hikayat

PENGUMUMAN LOMBA CERPEN TINGKAT INTERNASIONAL

Dalam rangka Bulan Bahasa Oktober 2005, Jurusan Bahasa dan Sastra, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta bekerjasama dengan Forum Lingkar Pena (FLP) mengadakan Sayembara Cerpen tingkat SMA/ Sederajat. Sayembara ini terbuka bagi seluruh siswa siswi SMA/ sederajat di dalam dan luar negeri, termasuk bagi warga negara asing, dengan menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa serumpun.

Lebih dari 100 naskah masuk ke meja panitia, dari seluruh Indonesia, juga dari Singapura dan Malaysia. Dari jumlah tersebut Dewan Juri yang terdiri dari Helvy Tiana Rosa (Cerpenis, Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra, Fakultas Bahasa dan Seni UNJ), M. Irfan Hidayatullah (Cerpenis, Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra UNPAD, Ketua Umum FLP), Asma Nadia (Cerpenis/ Novelis) serta Rahmadiyanti Rusdi (Redaktur Pelaksana Majalah Annida) memutuskan:

Juara I, Malam Ini Rembulan Tak Datang (Syarif Hidayatullah, Pondok Pesantren Al Amien Prenduan Sumenep, Madura).

Juara II, Menunggu (Kevin Kristian, SMA Kolese Kanisius, Jakarta)

Juara III, Ibu Kupu-Kupu (Ahadiya Nur Amraini, SMAN 7 Yogyakarta)

Dewan Juri juga memilih delapan finalis lain yang karyanya akan masuk dalam antologi bersama para pemenang yaitu:

Longgom (Hafni Mariana, SMAN 2 Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan), Sebuah Judul Lara (Khairudin, SMAN 3 Depok), Wajah Kemanusiaan (Novita, SMAN I Pangkal Pinang), Tembakau (Muhammad Rifqi, SMA Wonosobo), Santos (Dedek Elisyah Putri Siregar, MAN I Medan), Itu Adalah Aku (Dini Nur Latifah SMAN Surakarta), Buku Coklat Aldi (Ni Made Purnama Sari (SMAN I Denpasar) dan Gadis Puaka (Yunita Sari SMAN 16 Medan),

Juara pertama hingga ketiga akan menerima hadiah uang Rp. 2.000.000, Rp 1.500.000, dan Rp. 1.000.000, piagan dan paket buku dari sponsor. Sedang para finalis akan menerima masing-masing Rp. 350.000, piagam dan paket buku dari sponsor. Semua pemenang akan dihubungi oleh panitia dan Penerbit FBA Press yang akan menerbitkan antologi karya pemenang.

Menurut para juri karya para pemenang cukup kreatif dan variatif. Para siswa dengan lancar menulis mengenai berbagai hal mulai dari persoalan politik, kemiskinan, prostitusi, virus HIV, kisah cinta, persoalan pendidikan hingga fiksi ilmiah. Sayangnya peserta dari luar negeri, tak satu pun yang meraih predikat juara maupun finalis. “Peserta dari luar negeri tidak sampai 10 orang. Tapi naskah yang kami terima merata hampir dari seluruh Indonesia,” tutur Gres Grazia, salah satu panitia.

Selamat untuk para pemenang! Teruslah berkarya!

Iklan

1 thought on “PENGUMUMAN LOMBA CERPEN TINGKAT INTERNASIONAL”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s