Hikayat

Pengumuman Pemenang Lomba Green Poetry Valentine Day 2009

Luar biasa benar. Benar-benar luar biasa. Ternyata animo “para penyair” untuk mengikuti lomba Green Poetry Valentine Day 2009 yang diprakarsai media online ini sungguh di luar prediksi Dewan Redaksi. Imbasnya pengumuman pemenang lomba yang seharusnya di-publish tepat pada perayaan Hari Valentine, 14 Pebruari 2009 kemarin, karena dalih banyaknya naskah lomba yang masuk ke meja redaksi; akhirnya Dewan Redaksi mengundurkan jadwal pengumuman di atas, yakni pada tanggal 18 Pebruari 2009, hari ini.

Jumlah peserta lomba yang turut dalam kompetisi bergengsi ini tak kurang dari 450 peserta dengan jumlah karya puisi mencapai 644 buah. Kendati waktu pendaftaran lomba dibuka sejak tanggal 11 Januari-10 Pebruari 2009; realitas sosialnya masih banyak peserta lomba yang tetap antusias mengirimkan karya-karya puisi mereka ke meja redaksi pasca tanggal yang telah ditetapkan.

Hebat benar, entah nanti dalam kompetisi ini Anda termasuk menjadi pemenang atau belum berkesempatan menjadi yang terbaik; tetapi walau bagaimana pun karya-karya Anda semua sungguh monumental, kalau boleh dibilang cukup fenomenal. Mayoritas peserta lomba sudah memiliki basis dunia kepenyairan, maka tak urung para penyair-penyair yang karya-karyanya pernah termuat di media cetak maupun elektronik; turut juga dalam lomba penulisan puisi ini.

Tentu saja dibutuhkan kerja keras yang amat melelahkan untuk menilai kualitas sebuah puisi. Terbukti, setiap karya puisi dinilai melalui proses panjang yakni dari tahap pengumpulan, penyeleksian dan penilaian naskah-naskah puisi yang begitu rumit, detil dan kompleks. Setidaknya ada empat aspek makrokosmos yang dinilai dalam penentuan kemenangan kompetisi ini. Aspek-aspek yang dinilai dalam lomba puisi yakni meliputi isi karya puisi, ragam bahasa puisi, tampilan fisik puisi dan nilai rasa puisi. Dan akhirnya dengan mantap sidang Dewan Juri yang terdiri atas beberapa Dewan Redaksi Harian Online KabarIndonesia (HOKI) menetapkan, bahwa nama-nama di bawah ini sebagai pemenang lomba dan berhak menyandang gelar sebagai “Penyair Hijau 2009 versi HOKI”.

Mereka adalah:

Satu, Juara Umum I diraih oleh Syarif Hidayatullah dengan puisi berjudul “Doa Terumbu Karang”.

Dua, Juara Umum II diraih oleh Arry Syakir Gifari dengan puisi bertajuk “Sajadah Bumi”.

Tiga, Juara Umum III diraih oleh Faisal Syahreza dengan puisi berjudul “Mungkin Hujan”.

Empat, Juara Favorite I diraih oleh Siti Durotul Yatimah dengan puisi bertitel “Atas Nama Kesempurnaan”.

Lima, Juara Favorite II diraih oleh Istianah Qudsi Ft dengan puisinya berjudul “Ketika Bumi Berbicara”.

Enam, Juara Favorite III diraih oleh Darwanto melalui puisinya berjudul “Aku, Mentari dan Bulan”.

Keputusan Dewan Juri di atas tak dapat diganggu gugat dan berlaku mutlak. Namun apabila di kemudian hari, Dewan Redaksi mengetahui, bahwa naskah-naskah pemenang di atas pernah dipublikasikan di media lain, dan atau merupakan karya hasil plagiat milik orang lain; Redaksi memiliki otoritas penuh untuk mencabut dan membatalkan kemenangan peserta yang bersangkutan.

Pihak Panitia Lomba memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk memberikan informasi berupa masukan, dan saran. Khusus bagi para pemenang lomba diharapkan untuk segera mengirimkan, tanda pengenal dalam bentuk attachment (KTP, SIM, Passport, atau Kartu Pelajar/Mahasiswa yang masih berlaku), nama lengkap, alamat rumah, dan nomor kontak (telepon/HP), cukup melalui email ke meja redaksi HOKI ke redaksi@kabarindonesia.com dalam rangka untuk mengirimkan piagam penghargaan dan “kenang-kenangan” dari Dewan Redaksi HOKI.

Atas nama Dewan Redaksi dan Dewan Juri; kami mengucapkan “Selamat atas Kemenangan Anda”, dan bagi yang belum beruntung; jangan lantas berkecil hati, karena HOKI tetap berencana akan membukukan karya-karya terbaik Anda dalam sebuah buku eksklusif.

Sekali lagi, selamat; semoga hajatan ini melahirkan para penulis, sekaligus penyair yang selalu peduli terhadap pelestarian lingkungan hidup.

Salam damai, salam bumi hijau dan salam sejahtera selama-lamanya! (*)
dikutip dari [www.kabarindonesia.com]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s