resensi

KETIKA BAHTERA KELUARGA TERKOYAK BADAI MASALAH

Layaknya sebuah kapal di tengah lautan yang tak pernah luput dari hantaman ombak dan badai demikian pula keluarga, tidak akan luput dari masalah. Memang ada saatnya keluarga menjadi begitu mengasyikan, tetapi ada saatnya pula sebuah konflik mendera.
Hal inilah yang kemudian menginspirasi film Fireproof besutan sutradara kondang Alex Kendrick. Film yang ditayangkan pada tahun 2008 ini termasuk dalam katagori drama keluarga.
Dalam film ini, diceritakan pasutri yakni Caleb dan Catherine. Caleb bekerja sebagai pemadam kebakaran sedangkan Catherine bekerja di sebuah rumah sakit. Pasangan yang setelah tujuh tahun menikah akan tetapi terus dilanda berbagai masalah, seperti perilaku Caleb yang cendrung egois, tingkah laku buruknya, dan hal-hal lainnya yang pada akhirnya membuat Catherine berniat untuk bercerai. Pada awalnya Caleb menyetujuinya perceraian itu, namun setelah bertemu ayahnya pikiran Caleb itu berubah.
Ayah Caleb memberikan sebuah buku kemudian meminta Caleb membaca dan melaksanakan apa yang ada dalam buku itu selama empat puluh hari. Ayah Caleb menuntut Caleb untuk mempertahankan keluarganya dengan mengikuti petunjuk yang ada dalam buku itu.
Satu persatu petunjuk dalam buku itu pun diikuti Caleb, Caleb membuatkan sebuah kopi, memberikan kado, dan bahkan mempersiapkan makan malam. Namun, Catherine tak memperdulikan apa yang dilakukan oleh suaminya itu, Catherine malah memberikan surat cerai yang tinggal menunggu tanggal ke pengadilannya. Hal ini membuat Caleb frustasi. Catherine sendiri bahkan mulai menaruh hati dengan sosok lelaki lain bernama Gavin yang merupakan dokter di rumah sakit tempat Catherine bekerja, ini membuat perjuangan Caleb untuk mendapatkan hati istrinya itu semakin sulit.
Namun berkat nasihat ayahnya, Caleb terus bertahan bahkan kemudian Caleb berkembang menjadi sosok manusia yang semula tak percaya pada kehadiran Tuhan, pada akhirnya percaya setelah kejadian demi kejadian yang telah menimpanya. Caleb mulai menyadari tentang arti cinta yang hakiki.
Caleb mulai merubah perilaku buruknya, mengerjakan hal yang sebelumnya tak pernah ia kerjakan seperti membersihkan lantai atau piring yang kotor. Perubahan yang signifikan itu membuat Catherine  terenyuh dan pada akhirnya menyadari bahwa suaminya telah berubah.
Demikianlah sinopsis singkat film ini. Secara bahasa fireproof berarti tahan api. Dalam cerita ini, tahan api memiliki makna ganda, bisa sosok Caleb sebagai seorang pemadam kebakaran yang tangguh dan pantang menyerah. Namun dapat pula berarti sebagai Caleb yang merupakan seorang suami harus kuat di dalam menghadapi masalah.
Cerita film ini demikian menarik, bahkan dapat membuat kita sebagai penonton menitikan air mata karena terharu. Selain itu, ada nilai religius yang menyadarkan kita tentang arti cinta sesungguhnya. Meski cerita ini bukan dilandaskan pada nilai-nilai islam, tetapi cinta sebagai suatu yang universal pada dasarnya tak membedakan agama. Maka sesungguhnya menempatkan cinta, seperti menempatkan surga di hati kita. Ia tak dapat disentuh, tak dapat digambarkan oleh kata-kata tetapi kita ingin terus menggapai dan berada di dalamnya.

Iklan

5 thoughts on “KETIKA BAHTERA KELUARGA TERKOYAK BADAI MASALAH”

  1. Saya baru nonton film ini dari referensi HBO

    Komentar saya : Bapak Syarif memiliki pendapat yang benar, cinta adalah hal yang universal dan adalah sesuatu hal besar bagi seorang tokoh bernama caleb untuk mengakui kesalahan, walaupun kita tahu pernikahan dibutuhkan kerjasama dua orang untuk berkerja sama mempertahankan rumah tangga tersebut.

    Tetapi seorang bernam Caleb mampu membuang nilai egois yang besar bahkan mampu mencoba untuk memperbaiki hubungan pernikahan seorang diri yang berbuat sepantasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s