Atap Sastra, Catatan, Esai

Seputar Sastra Melayu Awal Islam dan Sistem Genrenya Berdasarkan Ikhtisar dari Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik I karangan Liau Yock Fang

Pertanyaan yang paling tepat untuk mengawali penelusuran mengenai sastra melayu islam adalah sejak kapan islam singgah di Nusantara? Adalah Fatimah binti Maimun ibn Hibatullah yang nisannya ditemukan pada 1082 di Leran (Gresik) yang menjadi tanda tertua peninggalan islam. Selanjutnya, setelah dua ratus tahun lamanya, tepatnya pada tahun 1292, Marco Polo mengabarkan bahwa penduduk perlak (Aceh) telah memeluk agama Islam. Hal ini menandakan bahwa Islam telah bercokol lama di Nusantara dan melahirkan semacam kebudayaan yang pada akhirnya menumbuhkan
Dalam Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik I karangan Liau Yock Fang menyebutkan bahwa sastra islam adalah sastra tentang orang islam dan segala amal salehnya. Sedangkan sastra islam melayu adalah sastra orang islam yang ditulis dalam bahasa melayu. Sastra ini memiliki dua ciri: Pertama, sebagian besar dari hasil sastra ini adalah terjemahan atau saduran yang berasal dari bahasa Arab atau Parsi. Kedua, hasil semua karya ini tidak diketahui nama pengarang atau tarikh penulisannya.
Kemudian R. Roolving membagi sastra melayu islam dalam lima jenis, yakni: Cerita Al-Quran, cerita Nabi Muhammad, cerita Sahabat Nabi Muhammad, cerita Pahlawan Islam, dan sastra Kitab.

1.Cerita Al-Quran
Cerita yang mengisahkan cerita nabi-nabi atau tokoh-tokoh yang namanya ada disebut di dalam Al-Quran. Sejak abad pertama hijriah sudah ada yang disebut qass atau pencerita, yang mendaras Al-Quran serta menafsirkan maknanya di masjid-masjid di seluruh kerajaan islam. Namun baru abad keempat tahun hijriah cerita tentang nabi-nabi dikumpulkan dalam sebuah kitab dan yang terkenal dalam mengumpulkannya adalah Al-Thalabi (Abu Ishaq Ibn Muhammad al-Thalabi), tetapi yang paling terkenal kemudian adalah Qisas Al-Anbiya yang disusun oleh al-Kisa’i sebelum abad tiga belas.
Sedangkan dalam bahasa melayu, cerita Al-Quran ini yang terkenal adalah Kisah Al-Anbiya yang naskahnya tersebar di Jakarta dan Leiden. Di dalam Kisah Al-Anbiya ini berisi tentang cerita Adam, Sis, Idris, Nabi Nuh, Nabi Hud, Nabi Saleh, Nabi Ibrahim, Nabi Ishak dan nabi-nabi lainnya. Biasanya cerita tersebut mengandung semacam pengajaran dan oleh karena itu cerita Al-Quran merupakan cerita yang bersifat didaktis.

2.Cerita Nabi Muhammad
Cerita tentang Nabi Muhammad dapat dibagi menjadi tiga jenis. Pertama, cerita yang mengisahkan riwayat Nabi Muhammad dari kelahiran hingga wafatnya. Cerita ini berasal dari sastra sirah yang disusun setelah wafatnya nabi namun bukan menjadi satu-satunya sumber sebab ada pula unsur khayalan dalam mengagung-agungkan Nabi Muhammad. Dalam bahasa melayu, hanya ada dua hikayat yang menceritakan seluruh riwayat nabi, yakni Hikayat Muhammad Hanifah dan Hikayat Nabi.
Jenis kedua ialah cerita yang menceritakan mukjizat Nabi Muhammad. Cerita ini berasal dari Sirah dan kumpulan hadis-hadis yang terkenal. Di antaranya yang terkenal adalah Hikayat Mikraj dan Hikayat Bulan Terbelah.
Jenis ketiga adalah cerita maghazi yang berarti cerita peperangan yang disertai Nabi Muhammad untuk mengembangkan agama Islam. Cerita ini timbul tidak lama setelah Nabi wafat.

3.Cerita Sahabat Nabi Muhammad
Sahabat atau al-Shahabat adalah satu istilah dalam islam yang berarti orang-orang yang rapat sekali dengan Nabi Muhammad. Istilah ini kemudian berkembang maknanya menjadi semua orang yang pernah bertemu dan bercakap dengan Nabi Muhammad.
Di antara sahabat Nabi yang paling mashur adalah Abu Bakar, Umar, Usman dan Ali. Dari cerita sahabat nabi ini kemudian muncul cerita maghazi atau cerita peperangan yang diikuti Nabi Muhammad. Dalam bahasa melayu ada lima cerita mengenai sahabat nabi ini, yakni Hikayat Muhammad Hanafiah, Hikayat Tamim Al-Dari, Hikayat Abu Syahmah, Hikayat Sama’un, dan Hikayat Raja Khandak.

4.Cerita Pahlawan Islam
Cerita pahlawan islam maksudnya adalah cerita yang mengisahkan sejarah yang hidup sebelum munculnya agama islam. Karena sumbangan mereka kepada perkembangan islam atau karena perbuatan mereka yang menakjubkan, mereka lalu dijadikan pahlawan yang menyebarkan agama islam. Di antara cerita tersebut muncul tokoh Zulkarnain dan Amir Hamzah yang menaklukan negeri-negeri yang enggan masuk islam.

5.Sastra Kitab
Sastra kitab mencakup satu bidang yang luas sekali, termasuk di dalamnya ilmu kalam, ilmu fikih dan ilmu tasawuf. Jenis sastra ini biasanya disadur dan diterjemahkan dari bahasa Arab oleh orang Indonesia yang tinggal di Mekah dan Madinah. Tempat asalnya biasanya mengiringi nama mereka seperti al-palimbani, al-Makasari, al-Banjari dan lain sebagainya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s