Catatan

PROBLEM BASED INTRODUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF SISWA SMA

Ade Hikmat

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Pascasarjana Uhamka, Jakarta

Abstak

Kegiatan menulis adalah upaya dalam mengaktualisasikan diri setiap individu. Penelitian tindakan kelas ini ingin melihat meningkatkan kemampuan menulis paragraph siswa SMA dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Introduction. Keberhasilan model pembelajaran problem based introduction memberikan manfaat yang sangat besar untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf. Kemampuan tersebut dapat dicapai jika di antara siswa dalam kelompok tersebut kooperatif untuk melakukan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based introduction sangat besar untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf.

Kata Kunci: menulis paragraph, problem based Introduction, PTK.

Untuk mengunduh artikel karya Dr. Ade Hikmat, M. Pd. ini, dapat mengklik di sini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s